Tempat berbagi
informasi, pemikiran,
kisah, artikel, tips, pengalaman, dan ilmu
berkaitan dengan
dunia medis, intelektual, dakwah, perempuan,

pendidikan anak,
remaja, keluarga dan generasi, juga sesekali barang jualan.....

Selamat Berlayar..........

Sabtu, 11 April 2009

Hypnosis Yang Tidak Disadari

(Berbagi Pengalaman Mendidik Ahmad -edisi 9)
Oleh: Ummu Ahmad


Seringkali dalam perjalanan pulang ke rumah maupun perjalanan ke suatu tempat yang agak jauh, Ahmad mengantuk hingga tertidur di atas kendaraan. Pada kesempatan menjelang tidur itulah saya seringkali kemudian membisikkan beberapa kalimat nasehat yang saya harapkan mengendap di benak Ahmad lebih kuat. Karena menurut yang pernah saya baca, memori yang akan bertahan lebih kuat adalah yang dimasukkan ketika menjelang tidur. Meski pada waktu itu saya belum mengetahui penjelasan lebih lanjutnya.
Karena waktu itu Ahmad cukup sering membuat nangis teman-temannya di sekolah maupun di rumah, nasehat yang saya bisikkan pun rata-rata seputar hal tersebut. Harapan saya besok ketika pulang sekolah saya tanya, hari itu dia pinter-pinter saja, dan tidak menangiskan temannya. Saya bisikkan: ”Ahmad, jadi anak yang pinter ya. Baik sama teman. Mainan sama teman. Tidak bertengkar. Tidak nakal sama teman.” Dan kalimat lain semacamnya yang kemudian saya ulang-ulang. Namun apa yang terjadi? Besoknya ketika kami tanya ternyata Ahmad masih membuat temannya menangis. Saya ulang lagi memberi bisikan-bisikan menjelang dia tidur agar tidak nakal, tidak bertengkar sama temannya, dan sebagainya. Namun ternyata, besoknya Ahmad masih saja membuat temannya menangis. Hingga suatu saat saya membaca buku tentang hipnoparenting.
Dari buku itu, saya mengetahui, ternyata tanpa saya sadari sebenarnya saya sudah melakukan hipnosis ke alam bawah sadar Ahmad, namun dengan cara yang keliru. Ketika saya sudah mengetahui bagaimana yang seharusnya, hipnosis yang saya lakukan itupun saya koreksi. Bagaimana melakukan hipnoparenting yang tepat? Silakan baca penjelasan di edisi berikutnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar