Tempat berbagi
informasi, pemikiran,
kisah, artikel, tips, pengalaman, dan ilmu
berkaitan dengan
dunia medis, intelektual, dakwah, perempuan,

pendidikan anak,
remaja, keluarga dan generasi, juga sesekali barang jualan.....

Selamat Berlayar..........

Sabtu, 11 April 2009

Mengajar Anak Kinestetis Mengenal Huruf dan Angka

Mengajar Anak Kinestetis Mengenal Huruf dan Angka
(Berbagi Pengalaman Mendidik Ahmad -edisi 11)
Oleh: Ummu Ahmad


Memang tidak mudah mengajar anak yang memiliki potensi kinestetik lebih dominan. Perlu banyak energi yang kita keluarkan guna lebih memberikan ketertarikan padanya. Oleh karena itu seorang guru atau pengajar harus memiliki skill dan kreatifitas yang tinggi untuk bisa mengakomodir anak kinestetik dalam pembelajaran. Mungkin banyaknya permainan yang memerlukan gerak tubuh justru lebih disukai anak-anak kinestetik. Disamping permainan gerak tubuh, maka di dalamnya harus dimasukkan materi-materi yang akan kita sampaikan. Sehingga secara tidak sadar dia belajar akan tetapi dengan sesuatu yang menyenangkan anak.

Belajar mengenal huruf dan angka bagi anak-anak pada umumnya mungkin sesuatu yang mudah dan bukan sesuatu yang istimewa. Tetapi mengajar anak dengan tipe seperti Ahmad yang agak sulit untuk ’duduk manis’ dan memberi perhatian kepada sesuatu yang ’statis’ mungkin justru dibutuhkan banyak sekali ide dan kreativitas untuk membuatnya bisa dan mau terlibat dalam proses belajar mengajar itu.
Menghafal angka, huruf latin, hijaiyyah bahkan surat dalam Al Qur’an tentu bisa kita lakukan sejak sedini mungkin, karena itu terkait dengan pembiasaan saja. Tetapi belajar membaca huruf dan angkanya mestilah dilakukan tidak dengan dipaksakan kepada seorang anak kecil yang belum memiliki ketertarikan mengenali huruf. Tertarik untuk mengenali huruf adalah sesuatu yang harus kita biasakan dulu kepada anak sebelum mengajari mereka konsentrasi melihat dan membacanya. Memasang gambar berisi angka, huruf latin dan hijaiyyah dengan berbagai variasinya di tempat-tempat yang mudah terlihat oleh Ahmad adalah langkah pertama untuk membiasakan melihatnya dan menumbuhkan ketertarikannya. Berikutnya saya biasa bercerita dengan menggunakan gambar-gambar yang ada tersebut sambil sedikit-sedikit mengenalkan tulisan huruf-huruf maupun angka yang terdapat di dalamnya. Pada kesempatan lain saya menggunakan buku mengenal huruf dengan contoh sesuatu yang digambarkan, sebagai alat tebak gambar bersama Ahmad. Di lain kesempatan saya tuliskan huruf-huruf hijaiyyah di karton tebal yang saya potong-potong sebesar kartu mainan. Lalu dengan kartu-kartu tersebut saya bisa bermain sulap, tebak huruf maupun bercerita sambil memastikan Ahmad mengenali mana huruf alif, ba’, ta’, jim dan seterusnya.


Mengajar Anak Kinestetis Mengenal Huruf dan Angka

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar